KESELAMATAN KERJA LABORATORIUM 2
KESELAMATAN
KERJA LABORATORIUM
1. JENIS-JENIS
BAHAYA PADA LABORATORIUM FISIKA
Berikut ini adalah
beberapa alat yang ada di laboratorium Fisika
1.
|
Boiling Tube
|
Manfaat alat:
·
Untuk memanaskan/mendidihkan zat kimia dalam jumlah sedikit
Cara menggunakannya:
·
Jepit dengan penjepit kayu saat digunakan untuk memanaskan
cairan
Jangan arahkan ujung yang terbuka ke muka saat dipanaskan
Resiko yang mungkin:
·
Tersiram air panas saat proses mendidih terjadi
·
Kena pecahan
|
2.
|
Power Supply
|
Manfaat alat:
·
Sebagai sumber tegangan dan sumber arus listrik
Cara menggunakannya:
·
Gunakan sandal kering/sepatu saat menghubungkan stop kontak
Resiko yang mungkin:
·
Tersengat listrik saat menyambungkan ke sumber PLN
|
3.
|
Bunsen Burner
|
Manfaat alat:
·
Digunakan untuk memanaskan zat
Cara menggunakannya:
·
Buka tutup sumbunya
·
Nyalakan dengan korek api,
·
Matikan apinya dengan menutup api dengan tutupnya saat masih
menyala
Resiko yang mungkin:
·
Kebakaran
|
4.
|
Evaporating Dish
|
Manfaat alat:
·
Untuk memisahkan zat padat yang terlarut dalam solusi di atas
bunsen burner
Cara menggunakannya:
·
Taruh di atas tripot
·
Nyalakan pembakar spiritus di bawahnya
·
Pegang dengan penjepit jika mengangkatnya.
·
Hindarkan kontak langsung dengan
Resiko yang mungkin:
·
Kulit terbakar jika bersentuhan saat masih panas
|
5.
|
Termometer
|
Manfaat alat:
·
Mengukur temperatur
Cara menggunakannya:
·
Pegang ujung atas jika menggunakan
·
Masukkan/tempelkan ujung bawah ke dalam zat yang akan diukur
·
Jangan digunakan untuk mengaduk karena bagian bawah yang berisi
cairan dindingnya tipis
Resiko yang mungkin:
·
Pecah
·
Merkuri merupakan zat yang beracun
|
6.
|
Galvanometer
|
Manfaat alat:
·
Mengukur tegangan listrik
Cara menggunakannya:
·
Hindari penggunaan melebihi batas ukur
·
Jangan salah dalam menghubungkan kutub-kutubnya
·
Hindarkan benturan dan terjatuh
Resiko yang mungkin:
·
Rusak karena penggunaan diluar batas ukur
·
Pecah karena bahan terbuat dari plastik
|
7.
|
Lensa/Cermin
|
Manfaat alat:
·
Untuk pembiasan dan pemantulan cahaya
Cara menggunakannya:
·
Jepit alat ini pada meja optik dengan penjepit
·
Tempatkan dalam wadah khusus.
Resiko yang mungkin:
·
Mudah pecah
|
8.
|
Magnet
|
Manfaat alat:
·
Untuk percobaan induksi listrik
Cara menggunakannya:
·
Jangan dipanaskan dan dipukul-pukul
·
Saat menyimpan, kutub-kutubnya harus saling terbalik satu sama
lain.
Resiko yang mungkin:
·
Hilang kemagnetannya
|
2. TATA
TERTIB GURU DAN SISWA
- Bagi siswa
Sebelum praktikum
- Siswa wajib datang
tepat waktu.
- Siswa tidak
diperkenankan masuk ke ruang Laboratorium tanpa seizin guru.
- Siswa diperkenankan
masuk ke ruang Laboratorium setelah semua peralatan siap dan dalam kondisi
layak digunakan.
- Siswa yang terlambat
kurang dari 15 menit diperkenankan memasuki Laboratorium setelah mendapat
izin dari guru.
- Siswa yang
terlambat lebih dari 15 menit tidak diperkenankan memasuki
Laboratorium (kecuali alasan tertentu).
- Siswa tidak
diperkenankan membawa makanan/ minuman ke ruang Laboratorium, kecuali
untuk praktikum.
Selama praktikum
a.
Tidak diperkenankan bekerja menurut kemauan sendiri
b.
Tidak diperkenankan bersendau gurau dan mengganggu teman
lain yang sedang bekerja.
c.
Mencoba-coba alat atau bahan praktikum yang membahayakan
diri sendiri atau orang lain.
d.
Dilarang mencorat-coret bangku/ ruang laboratorium.
e.
Alat-alat/ bahan praktikum harus digunakan sesuai dengan
petunjuk penggunaan atau sesuai anjuran guru.
f.
Dalam melakukan praktikum, hendaknya digunakan bahan yang
secukupnya.
g.
Jika dalam praktikum siswa merusakkan/ memecahkan alat,
maka yang bersangkutan wajib menggantinya.
h.
Jika dalam praktikum terjadi kecelakaan (kena pecahan
kaca, terbakar, tertusuk, tertelan bahan kimia) harap segera melapor kepada
guru.
i.
Dilarang mencicipi/ memakan sesuatu dalam praktikum kalau
guru tidak menyuruh untuk melakukannya.
j.
Bertanyalah pada guru apabila kurang paham tentang
praktikum yang akan dilaksanakan.
k.
Label/ etiket bahan yang rusak/ hilang harap segera
dilaporkan kepada guru.
l.
Jagalah kebersihan dan buanglah sampah pada tempatnya.
m. Jagalah bermain-main
selama praktikum berlangsung.
n.
Menggunakan alat-alat / bahan-bahan kimia diluar petunjuk
praktiku tanpa izin guru pembimbing
o.
Mencoba-coba mencampurkan zat -zat kimia yang tersedia
tanpa seizin guru pembimbing atau yang tidak sesuai dengan buku petunjuk
praktikum
p.
Membuang sampah yang tidak larut dibak cuci sebab akan
menyumbat saluran. Buanglah sampah ditempat sampah.
Setelah praktikum
a.
Cuci tangan setelah praktikum berakhir.
b.
Setelah selesai praktikum, alat-alat/ bahan hendaknya
dikembalikan ke tempat semula dalam keadaan lengkap, bersih dan siap pakai.
c.
Sebelum meninggalkan ruang Laboratorium, meja praktikum
harus dalam keadaan bersih, kursi diletakkan diatas meja, kran air dan gas
ditutup rapat, kontak listrik dicabut.
d.
Dilarang membawa alat-alat dan bahan laboratorium ke luar
laboratorium tanpa seijin guru atau petugas.
e.
Membuat laporan sementara (data percobaan) dan di paraf
oleh guru / laboran
f.
Membuat laporan lengkap seminggu setelah percobaan dan
menyerahkan kepada guru pembimbing, sebelum pelaksanaan praktikum selanjutnya.
Bagi guru
- Berilah penjelasan
kepada siswa sehingga siswa mau menghayati tata tertib laboratorium bagi
siswa .
- Awasilah siswa yang
sedang melaksanakan kegiatan Lab.
- Berusahakah agar
siswa penuh disiplin.
- Siapkanlah alat dan
bahan yang akan dipakai untuk kegiatan.
- Berikanlah
penjelasan setiap alat yang masih asing, mudah rusak, dan bahan berbahaya
bagi siswa.
- Beritahukanlah pada
siswa pengunaan alat listrik.
- Usahakanlah agar
laboratorium tetap bersih, tertib, rapih dan nyaman untuk kegiatan.
Etiket pada botol harus benar dan jelas. - Berilah peringatan,
petunjuk, dan larangan agar kegiatan berhasil sesuai tujuan.
Alat pemadam kebakaran harus selalu siap pakai. - Kotak P3 K selalu
tersedia dan terawat, dan guru harus mampu menggunakan isi kotak P3K itu.
- Matikanlah semua
lampu yang tidak digunakan, apabila akan meninggalkan Laboratorium.
- Guru harus mengatur
suasana kegiatan dalam laboratoraium IPA dinamis, tidak gaduh, dan tertib.
- Usahakan agar
laboratorium digunakan sesuai dengan jadwal, dan seefisien mungkin.
- Menuliskan catatan
penting tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan pada buku kegiatan harian lab yang tersedia.
DAFTAR PUSTAKA
https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampil/Keselamatan-Kerja-di-Laboratorium-Fisika-2009/konten3.html
Komentar
Posting Komentar