Pengertiaan Assesmen



Pengertian, Jenis, dan Tujuan Asesmen Pembelajaran (Kajian Buku)

Pengertian Assesmen
Assesmen menurut buku Assesmen Pembelajaran halaman 1, Assesmen merupakan istilah umum yang didefinisikan sebagai sebuah proses yang ditempuh untuk mendapatkan informasi yang digunakan dalam rangka membuat keputusan – keputusan mengenai para siswa, kurikulum, program-program, dan kebijakan pendidikan. Menurut buku pembanding 1  halaman 21 Assesmen merupakan pemberian tekanan pada usaha yang dilakukan oleh guru maupun peserta didik untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pembelajaran yang mereka lakukan. Menurut buku pembanding 2 halaman 153, Assesmen adalah proses pengumpulan informasi yang digunakan untuk mengambil keputusan terkait kebijakan pendidikan, mutu program pendidikan, mutu kurikulum, mutu pengajaran, atau sejauh mana pengetahuan yang telah diperoleh seorang siswa tentang bahan ajar yang telah diajarkan kepadanya. Menurut kelompok kami dapat disimpulkan bahwa pengertian penilaian adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan mengacu kepada ukuran tertentu seperti baik dan buruk, pandai atau bodoh, tinggi atau rendah dan sebagainya.

Jenis-jenis Assesmen Menurut buku Assesmen Pembelajaran halaman 2 assesmen pembealajaran guru dibagi atas tiga istilah yang sering digunakan secara bersama yaitu :
A. Pengukuran
B. Penilaian
C.Tes
  Sedangkan buku pembanding 1 halaman 6, Assesmen dibagi atas empat yaitu evaluasi, penilaian, pengukuran, tes dan non tes. Dan menurut buku pembanding 2 halaman 162 Assesmen dibagi atas dua yaitu assesmen formatif dan assesmen sumatif. menurut kelompok kami dapat disimpulkan bahwa pembagian assesmen ada empat yaitu evaluasi, penilaian, pengukuran, dan tes.

Evaluasi
Menurut buku yang dikaji pengertian evaluasi adalah proses pemberian makna atau ketetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu, sedangkan menurut buku pembanding 1  halaman 9-15, evaluasi adalah proses penetapan keputusan tentang suatu objek yang dievaluasi dan terbagi atas dua yaitu evaluasi sumatif dan evaluasi formatif, dan menurut buku pembanding 2 halaman 9, evaluasi adalah suatu kegiatan identifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah dirancang telah tercapai atau belum, berharga atau tidak berharga, efisien atau tidak. Kelompok kami menyimpulkan bahwa evaluasi adalah kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk memperoleh kesimpulan.

Pengukuran
Pengertian pengukuran menurut buku yang dikaji halaman 2, pengukuran dapat diartikan sebagai kegiatan atau upaya yang dilakukan untuk memberikan angka-angka pada suatu gejala, peristiwa atau benda sehingga hasil pengukuran akan selalu berupa angka. Sedangkan menurut buku pembanding 1 halaman 25, pengukuran merupakan suatu proses pemberian angka kepada suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki orang, hal atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas. Dan menurut buku pembanding 2 halaman 5 pengukuran sebagai suatu proses untuk membuat kuantifikasi prestasi individu, kepribadiannya, sikapnya, kebiasaannya, dan kecakapannya. Sehingga kelompok kami membuat kesimpulan bahwa pengukuran adalah membandingkan fakta atau objek pengukuran dengan angka untuk menentukan luas kualitas atau kuantitas menurut aturan tertentu.

Tes
Pengertian tes menurut buku yang dikaji halaman 3, tes adalah seperangkat tugas yang harus dikerjakan atau sejumlah pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasaannya terhadap cakupan materi yang dipersyaratkan dan sesuai dengan tujuan pengajaran tertentu. Sedangkan menurut buku pembanding 1 halaman 30 tes merupakan sejumlah pertanyaan yang memiliki jawaban yang benar/salah atau sejumlah pertanyaan yang membutuhkan jawaban, atau sejumlah pertanyaan yang harus diberikan tanggapan dengan tujuan mengukur tingkat kemampuan seseorang atau mengungkap aspek tertentu dari orang yang dikenai tes. Dan menurut buku pembanding 2 halaman 22, tes adalah alat penilaian atau metode penilaian yang sistematis, sah, dapat dipercaya, dan objektif untuk menentukan kecakapan, keterampilan, dan tingkat pengetahuan siswa terhadap bahan ajar, berupa suatu tugas atau persoalan yang harus diselesaikan oleh seorang siswa atau sekelompok siswa. Sehingga kelompok kami menyimpulkan bahwa tes adalah sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh eveluator secara lisan atau tertulis yang harus dijawab oleh peserta tes dalam bentuk lisan atau tulisan.

Tujuan  Assesmen
Menurut buku yang dikaji tujuan assesmen pada halaman 12, Assesmen memenuhi dua tujuan yaitu (1) untuk mengetahui kemajuan anak atau murid setelah murid tersebut menyadari pendidikan selama jangka waktu tertentu, dan (2) untuk mengetahui tingkat efisiensi metode-metode pendidikan yang dipergunakan pendidikan selama jangka waktu tertentu. Menurut buku pembanding 1 halaman 22, tujuan penilaian ada 4 yaitu (1) untuk diagnostik (untuk mengidentifikasi kinerja peserta didik), (2) formatif (untuk membantu belajar peserta didik), (3) sumatif (untuk review, transfer, dan sertifikasi), (4) evaluatif (untuk melihat bagaimana kinerja guru atau institusi). Dan menurut buku pembanding 2 halaman 154-155, tujuan penilaian yaitu (1) menilai kemampuan individual melalui pemberian tugas tertentu, (2) menentukan kebutuhan pembelajaran, (3) membantu dan mendorong siswa untuk belajar, (4) membantu dan mendorong guru untuk mengajar secara lebih baik. Sehingga kelompok kami menyimpulkan bahwa tujuan assesmen yaitu (1) seleksi kenaikan kelas atau kelulusan, (2) mengetahui pencapaian kurikulum, (3) memberikan penilaian dan keberhasilan untuk pencapaian tujuan pendidikan secara kelembagaan, (4) mengetahui hasil belajar yang dicapai oleh siswa, dan (5) pengecekan kelemahan dan penelusuran kesesuian dalam proses pembelajaran dengan rencana.
Referensi :
Assessment Pembelajaran (Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd dan Dra. Satria Koni, M.Pd)
Asesmen Pembelajaran Disekolah(Prof. Dr. Mansyur, M.Si, Dr Harun Rasyid, M.Pd, dan Prof. Dr. Suratno, M.Pd)
Asesmen Pembelajaran (Prof Dr. Ismet Basuki dan  Drs Hariyanto, M. S)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENGERTIAN PENGELOLAAN BIAYA PENDIDIKAN DAN JENIS–JENIS BIAYA PENDIDIKAN

Keterampilan Menjelaskan

SOP LABORATORIUM